Sabtu, April 05, 2008

Tebar Pesona Tujuh Juta

9 / XIV 16 Jan 2008

Pemerintah Indonesia optimistis bisa menarik tujuh juta turis asing dan devisa Rp 60 trilyun melalui Visit Indonesia Year 2008. Mendapat dukungan penuh pemerintah daerah. Tapi, peringkat daya saing pariwisata Indonesia masih rendah.

Gempita Tahun Kunjungan Wisata 2008 (Visit Indonesia Year 2008) kini mulai berdentam di seluruh penjuru Tanah Air. Dari Sumatra Selatan, puluhan ribu orang memadati kawasan Benteng Kuto Besak, Palembang. Perhatian mereka tertuju pada sebuah panggung megah yang berdiri tak jauh dari tepi Sungai Musi.

Di sisi kanan belakang panggung tampak Jembatan Ampera yang menjadi landmark Palembang. Sejak sore hingga tengah malam, sederet pertunjukan seni tradisional hingga musik masa kini bergiliran memanaskan pentas. Pesta ini menandai peluncuran Visit Musi 2008 yang akan menggelar 58 atraksi budaya dan wisata sepanjang tahun ini.

Ribuan kilometer dari Palembang, keriuhan serupa menyeruak di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta. Ribuan warga tengah menonton Kirab Budaya yang bermula dari Monumen Yogya Kembali hingga Alun-alun Utara. Mereka menikmati aneka seni pertunjukan yang tersaji di atas tujuh unit trailer.

Ada atraksi wayang kulit, wayang orang, ketoprak, tari topeng, hingga pentas busana batik. Selain itu, ada pula barisan prajurit Keraton Yogyakarta dan atraksi barongsai serta liongsamsi. Kirab ini menjadi pembuka program promosi wisata Yogyakarta yang tahun ini menggunakan slogan ''Kota Pariwisata Berbasis Budaya''.

Saat yang sama, di Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, hajatan tahunan Festival Reog Nasional XIV dan Grebeg Suro juga digelar. Sebanyak 42 grup reog dari seluruh Indonesia siap meramaikan festival yang berlangsung hingga Rabu pekan ini.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pergelaran kali ini punya makna penting sebagai ajang promosi dan pembuktian budaya asli Indonesia. Sebab, Malaysia tengah gencar mempromosikan tari barongan untuk menarik wisatawan asing. Meski memakai nama tari barongan, tarian ini mirip sekali dengan reog Ponorogo.

Atraksi di tiga kota menjadi bukti kesiapan pemerintah daerah mendukung program Visit Indonesia Year 2008. Dukungan mereka juga dari maskapai penerbangan, perhotelan, agen perjalanan, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia memang menjadi kunci utama pencapaian target Visit Indonesia Year 2008.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik menyatakan, pemerintah menargetkan menjaring tujuh juta turis asing dengan total devisa US$ 6,4 milyar (Rp 60 trilyun). ''Kami berharap dukungan seluruh komponen masyarakat, karena program ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jero Wacik.

Depbudpar juga tak berpangku tangan. Mereka sudah menyiapkan 100 event budaya dan wisata di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini. Semua provinsi mendapat jatah mengadakan event sesuai dengan kekhasan budaya mereka untuk acara tebar pesona.

Promosi beragam jalur, mulai dalam bentuk booklet, iklan video di jaringan TV internasional, pameran, hingga promosi online sudah digelar sejak November tahun lalu. Menurut Jero Wacik, alokasi dana negara untuk promosi pariwisata tahun 2008 sebanyak Rp 150 milyar. Lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 100 milyar. Namun jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan dana promosi wisata Malaysia yang mencapai Rp 800 milyar.

Penambahan dana ini tak lain karena target raihan turis juga makin tinggi. Tahun lalu turis asing yang datang ke Indonesia baru 5,5 juta orang. Masih jauh di bawah target pemerintah yang dicanangkan awal tahun 2007, yaitu sebanyak 6 juta hingga 7 juta turis. Daya saing bisnis wisata Indonesia memang belum kuat betul.

Menurut penelitian Forum Ekonomi Dunia (WEF), seperti dikutip Antara, daya saing pariwisata Indonesia tahun 2007 berada di peringkat ke-60 dari 125 negara sesuai dengan The Travel and Tourism Index (TTCI). Jauh tertinggal dari negara tetangga Singapura yang berada di posisi ke-8, Malaysia di posisi ke-31, dan Thailand di posisi ke-43.

Ada 13 tolok ukur yang dipertimbangkan dalam TTCI. Infrastruktur menjadi salah satu ukuran utama, baik infrastruktur transportasi udara, darat, dan laut, infrastruktur pariwisata, hingga infrastruktur teknologi informasi. Selain itu, ada penilaian pada kualitas sumber daya manusia, kebijakan lingkungan, keselamatan dan keamanan, serta faktor kebersihan dan kesehatan.

Toh, bukan berarti Indonesia tak bisa menjadi magnet bagi jutaan wisatawan asing. Kekayaan budaya dari ratusan etnik, keindahan alam Nusantara, serta keramahan penduduknya punya nilai jual tinggi jika dipromosikan dengan gencar.

Buktinya, meski terpaku di peringkat ke-60, Indonesia masih bisa menarik 5,5 juta turis asing dengan pemasukan devisa US$ 5,3 milyar (Rp 50 trilyun) tahun lalu. Raihan ini adalah yang tertinggi sejak krisis ekonomi melanda Indonesia (lihat tabel).

Astari Yanuarti


Strategi Promosi Jalur Maya

Saat ini, internet menjadi media promosi pariwisata paling ampuh. Dunia maya nirbatas ini bisa memberikan info detail objek wisata, biaya, hingga akomodasi bagi wisatawan. Tak hanya dengan tulisan atau foto, internet juga bisa menyajikan rekaman video wisata.

Kekuatan internet ini juga tampak dari data Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar). Sepanjang tahun 2006, 56% turis asing mendapatkan info tentang tujuan wisata di Indonesia dari internet.

Tak mengherankan jika Depbudpar memilih internet sebagai salah satu cara promosi Visit Indonesia Year 2008. Selain mengandalkan situs resmi Depbudar di www.budpar.go.id, mereka memoles ulang situs www.my-indonesia.info sebagai sumber informasi utama pariwisata Indonesia.

Situs www.my-indonesia.info sudah nongol sejak Februari 2004. Namun, ia belum digarap dengan rapi. Dua tahun kemudian, situs ini menjadi media promosi wisata Indonesia pasca serangkaian ledakan bom. Tahun lalu, situs ini mulai dipermak ulang untuk mendukung Visit Indonesia Year 2008.

Kini, tampilan situs dengan pilihan tujuh bahasa cukup menarik. Halaman utama berhias aneka foto objek wisata populer seperti Borobudur, komodo, hingga hamparan padi di sawah. Situs ini juga menyediakan info dasar tentang wisata alam, kuliner, hingga pertemuan dan konferensi (MICE) di Indonesia.

Belasan buku dan booklet pariwisata seperti Welcome To Indonesia, Marine Booklet, Cruise Booklet hingga Indonesian Culinary Experiences juga bisa diunduh gratis. Pun ada kalender kegiatan wisata unggulan sepanjang tahun 2008 disertai dengan lokasi dan keterangan singkat kegiatan.

Depbudpar menyerahkan pengelolaan situs serta promosi online pada Indo.com. Dana yang sudah digunakan selama dua tahun terakhir mencapai Rp 7,2 milyar dengan rincian Rp 1,9 milyar tahun 2006 dan Rp 5,3 tahun lalu. Tahun ini anggarannya mencapai Rp 10 milyar.

Menurut Eka Ginting, CEO Indo.com, sebagian besar anggaran digunakan untuk biaya pemasangan iklan di situs-situs terpopuler dunia seperti Google, Yahoo!, dan Travelocity. Juga beberapa situs media lokal. Sisanya untuk pengembangan promosi online hotel-hotel kecil, pemeliharaan dan pengembangan fitur situs www.my-indonesia.info.

Berdasar data dari Indo.com, iklan pariwisata Indonesia sudah ditayangkan sekitar 90 juta kali di dunia maya. Sedangkan pengunjung situs www.my-indonesia.info mencapai 230.000 sepanjang tahun 2007. Ini berarti ongkos promosi online untuk melayani satu turis ke Indonesia sekitar Rp 23.000. Tergolong murah dan efektif.

Tak mengherankan jika dua negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura, mengalokasikan dana jauh lebih besar untuk promosi online. Belanja iklan mereka masing-masing di Yahoo! dan Google minimal Rp 18 milyar per tahun. Ini belum termasuk promosi di portal-portal lain.

Astari Yanuarti

Jumlah Kunjungan Dan Devisa Turis Asing ke Indonesia 2000-2007

Tahun Wisatawan Asing Pengeluaran Rata-Rata Rata-rata Total Devisa
per wisatawan asing (US $) durasi tinggai (US $)
Per kunjungan Per Hari
2000 5,06 juta 1.135 92,5 12,26 5,75 milyar
2001 5,15 juta 1.053 100 10,49 5,4 milyar
2002 5,03 juta 893 91 9,79 4,5 milyar
2003 4,47 juta 904 93 9,69 4 milyar
2004 5,32 juta 902 95 9,47 4,8 milyar
2005 5 juta 904 99,8 9,05 4,5 milyar
2006 4,87 juta 913 100,5 9,09 4,45 milyar
2007 5,5 juta * 971 107 9,02 5,3 milyar

* Prediksi Depbudpar, data resmi BPS belum keluar Sumber: Data Statistik Departemen Budaya dan Pariwisata Indonesia.



3 komentar:

  1. Anonim8:46 AM

    Amiable fill someone in on and this post helped me alot in my college assignement. Gratefulness you seeking your information.

    BalasHapus
  2. Anonim4:03 PM

    Sorry for my bad english. Thank you so much for your good post. Your post helped me in my college assignment, If you can provide me more details please email me.

    BalasHapus
  3. Anonim9:31 PM

    u're welcome. what's ur email address? i could not find it in ur comment

    BalasHapus