Sabtu, April 05, 2008

N82: Andal untuk Foto Malam Hari

14 / XIV 20 Peb 2008

Nokia sepertinya tak mau ketinggalan berlomba di kategori ponsel kamera. Pasar di sisi ini memang terus bergerak cepat. Jika dua tahun lalu kamera yang paling umum digunakan ponsel masih di kisaran 1,5 MP, tahun ini tren kamera ponsel sudah 5 MP. Bahkan Samsung sudah merilis ponsel berkamera 7 MP, meski belum banyak beredar di pasar.

Setelah merilis N95 yang dibekali kamera 5 MP, awal bulan ini Nokia kembali menggebrak dengan N82. Semua fitur unggulan N95 juga tertanam dalam N82. Ada kamera berkekuatan 5 megapiksel dengan xenon flash, autofocus, dan lensa Carl Zeiss, dukungan 3G dengan HSDPA, WiFi, memori tambahan jenis MicroSD hingga sebesar 2GB dalam satu paket, A-GPS (Assisted GPS), kamera untuk video calling, radio FM radio, dan Bluetooth stereo.

Tak mengherankan jika N82 diberi julukan si adik. Layaknya adik, tentu punya kebaruan. Nah, yang pertama kali terlihat adalah desain yang beda. Bentuk candy-bar N82 lebih mengikuti selera pengguna telepon. Beda dengan N95 yang berdesain sliding.

Selain itu, N82 lebih diposisikan sebagai ponsel kamera andal untuk pemotretan malam hari, sekaligus pemandu jalan yang akurat. Ini terlihat dengan penggelaran kompetisi Wireless Adventure 2: Discover The Soul of The Night di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Peserta ditantang untuk memotret kehidupan dan atraksi wisata malam di seputar ibu kota masing-masing negara.

Maka, ketika mencoba N82, Gatra juga lebih fokus pada penggunaan fitur kamera. Untuk pemotretan luar ruang, tak diragukan lagi, hasilnya tajam dan fokus. Tantangannya pada saat memotret dalam ruangan dengan pencahayaan kurang. Ternyata hasilnya tak mengecewakan. Bahkan, jika mengaktifkan xenon flash, tampilan gambar bisa lebih tajam.

Kegiatan mengambil gambar itu makin asyik karena ponsel seharga Rp 5,5 juta ini berbekal teknologi auto-screen rotation. Fitur ini menjadi tren seiring dengan booming iPhone yang mengenalkan rotasi layar otomatis. Jadi, ketika kita mengganti posisi ponsel dari vertikal ke horizontal, tampilan layar akan ikut.

Kepuasan memotret juga didukung dengan memori ponsel Micro-SD sebesar 2 GB. Memori eksternal ini sudah tersedia dalam paket penjualan, sebagai pelengkap memori internal yang hanya 132 MB.

Selain unggul untuk memotret, N82 juga bagus untuk merekam video karena sudah mampu merekam dengan 30 frame per detik. Ini setara dengan teknologi dalam keping DVD.

Tapi ada dua hal yang mengganggu. Pertama, tombol-tombol di keypad terlalu kecil sehingga menyulitkan bagi pengguna umum. Jika tetap mempertahankan model keypad seperti itu, akan lebih baik jika dilengkapi dengan fitur layar sentuh. Pengguna bisa lebih nyaman ketika mengetik dengan pena stylus.

Kedua, baterainya cepat drop, hanya sanggup bertahan 12 jam, meski cuma dipakai untuk memotret dan mentransfer data dengan Bluetooth sekitar satu setengah jam. Padahal, N82 diklaim punya waktu bicara hingga lima jam dan waktu siaga hingga sembilan hari.

Astari Yanuarti

Spesifikasi Nokia N82

Jaringan: HSDPA UMTS 2100 GSM 850/900/1800/1900
Fitur unggulan: Kamera 5 MP dengan xenon flash, Nokia Maps, perekam video 30 frame per detik, auto-screen rotation
Koneksi: Bluetooth, Wi-Fi, USB
Harga: sekitar Rp 5,5 juta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar