Sabtu, April 05, 2008

Hitech H382: Bentuk Modis, Nonton TV Gratis

14 / XIV 20 Peb 2008

Sukses menggebrak pasar dengan seri H38, Hitech makin pede dengan fitur unggulan TV tuner. Akhir tahun lalu, mereka meluncurkan varian baru, H382 dan H39. Keduanya masih mengandalkan TV tuner. Bedanya, ada koneksi Bluetooth sehingga memudahkan transfer data, plus desain yang makin ergonomis dan cantik.

Perubahan desain ini terlihat pada saat pertama menerima H382 untuk dicoba. Meski sama-sama mengusung nama depan H38, H382 punya tampilan lebih menarik. Warna silver metalik dipilih sebagai cover dan keypad. Sedangkan bodinya hitam legam.

Perbaikan juga tampak pada keypad, yang lebih nyaman digunakan dan dipandang dibandingkan dengan model H38. Apalagi, akses cepat TV tuner sudah dipasang di sisi kanan tombol serba guna utama. Selain itu, masih ada tombol khusus TV di samping kanan. Tinggal pencet, bisa langsung nonton siaran TV lokal. Gratis.

Ya, benar-benar tak perlu bayar. Sesuai dengan namanya, TV tuner, maka fitur ini memberi kebebasan pada penggunanya untuk menonton semua siaran TV terestrial, baik nasional maupun lokal. Jadi, persis sama dengan TV biasa yang ada di rumah.

Ketika pertama memakai fitur ini, lakukan pencarian otomotis terlebih dulu. Setelah itu, ponsel akan menyimpan semua channel TV yang tersedia. Selanjutnya, tinggal pilih stasiun TV mana yang akan ditonton. Untuk mengubah saluran tinggal, pencet tombol up-down tepat di atas tombol khusus TV. Kalau mau lebih nyaman, ubah tampilan layar menjadi landscape.

Tampilan siaran akan sangat jernih jika lokasi pengguna telepon bisa menangkap sinyal dengan baik. Pada saat pengetesan oleh Gatra, hampir semua stasiun TV bisa tampil jelas. Meski memang harus sesekali mengubah arah antena yang ada di sisi kanan atas.

Walaupun kualitas gambarnya bagus karena ditopang dengan layar lebar TFT 262.000 warna (320 x 240 piksel), untuk adegan yang bergerak cepat, gambar cenderung blur. Namun, secara umum, fitur TV tuner ini sudah memuaskan. Apalagi, didukung dengan suara stereo dari speaker 3D sound yang terletak di belakang ponsel.

Ketahanan baterainya juga lumayan. Jika dipakai menonton TV nonstop, mencapai dua jam. Kalau ingin lebih lama menonton, bisa sambil dicolokkan ke listrik. Sedangkan waktu siaga baterai mencapai empat hari.

Meski mengandalkan TV tuner, H382 masih punya beberapa fitur oke lainnya. Misalnya, bisa untuk mendengarkan radio FM, mendengarkan MP3, bisa merekam video, dan merekam suara. Bahkan bisa untuk foto karena sudah dilengkapi dengan kamera 1,3 megapiksel (MP).

Yang juga tak kalah asyik adalah layar sentuh. Biasanya teknologi ini hanya digunakan oleh ponsel pintar dan PDA yang harganya mahal. Uniknya lagi, pena stylus ponsel seharga Rp 1,8 juta ini bergabung dengan antena. Jadi, jika antena dicopot, di ujung satunya akan tampak pena stylus. Masih ada fitur handwriting jika kesulitan mengetik di keypad. Kemampuan menerjemahkan tulisan tangan kita tergolong bagus.

Satu lagi fitur yang layak ditulis adalah anti-maling dan pengaturan jarak jauh. Pengaktifan dua fitur ini (ada di menu ''pengaturan'') bisa membantu kita melakukan kontrol jarah jauh jika ponsel hilang. Pengaturan yang bisa dilakukan adalah pematian otomatis, penghapusan buku telepon, daftar panggilan telepon, daftar SMS, hingga memformat media penyimpan. Jadi, meski ponsel dicuri, si maling tetap tak bisa menggunakannya.

Astari Yanuarti

Spesifikasi Hitech H382

Jaringan: GSM 900/DCS 1800
Fitur unggulan: TV tuner, kamera 1,3 MP, touchscreen, radio FM, anti-theft trace, dan remote control
Memori: 850 kb plus MicroSD sampai 2 GB
Kapasitas buku telepon: 300
Kapasitas SMS: 300
Koneksi: Bluetooth A2DP dan USB
Baterai: Li-ion 1500 mAh, waktu siaga 96 jam, waktu bicara 3 jam
Harga: Rp 1,8 juta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar