Rabu, Agustus 06, 2008

Obat Stres di Sela Kemacetan

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Rock
Artist:Daughtry
"Kekuatan lirik Daughtry dan penampilannya yang komunikatif memuaskan ribuan penggemarnya. Band rock dengan album debut terjual 4,3 juta keping ini menyanyikan 13 lagu nonstop"

Ada yang tak biasa pada konser band rock Daughtry di panggung Traffic Jam Street Party, Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat malam lalu. Ketika pertunjukan berlangsung, tempat duduk di tribun VIP ditinggalkan penghuninya. Padahal, sebelum konser dimulai pukul 22.30 WIB, nyaris tak ada kursi kosong.

Ternyata penonton VIP itu berbaur dengan ribuan penonton di area festival. Artis Maudy Koesnaedi dan sang suami, Erik Meijer, pun berdiri di depan panggung. Pasangan Ira Wibowo dan Katon Bagaskara sibuk pindah posisi mencari tempat nyaman. ''Jangan di sini, suara vokalisnya nggak keluar. Coba ke sebelah sana,'' Katon mengajak istrinya pindah ke sisi kanan panggung.

Memang terdengar ada yang kurang pas pada mik Chris Daughtry di tiga lagu pertama. Suara peringkat keempat ''American Idol'' musim kelima itu nyaris tenggelam oleh dentuman drum yang dimainkan Joey Barnes. Meski, masih bisa meningkahi lengkingan gitar Brian Craddock dan Josh Steely serta bas milik Josh Paul.

Pada lagu keempat, Standing Still, mik Chris mulai beres. Penonton pun makin bersemangat bergoyang dan bernyanyi. Mulai lagu Over You dan It's Not Over yang memang punya refrain enak dihafal dan menyentak. Juga lagu What About Now yang bernuansa balada dengan lirik menyentuh, berkisah tentang hubungan dua insan yang tak harmonis.

Nah, puncak paduan suara terjadi pada lagu Home. Lagu yang bercerita tentang kerinduan mendalam untuk pulang ke rumah itu memang paling akrab di telinga penggemar Daughtry di Indonesia. Sedangkan di Amerika, lagu ini menempati posisi pertama chart ''Top Adult 40''. Popularitasnya makin melonjak ketika terpilih menjadi lagu pengiring babak eliminasi ''American Idol'' musim keenam (2007).

Usai melantunkan Home, Daughtry menutup konser dengan There and Back Again. ''Mereka bagus banget. Nggak sia-sia gue bela-belain beli ponsel agar bisa nonton Daughtry,'' ujar Susita, karyawati berusia 27 tahun. Soal ponsel bukan hanya Susita yang wajib membeli. Sebab tiket konser ini cuma bisa didapat dari pembelian ponsel Sony Ericsson di ajang Traffic Jam sejak 12 Juni hingga 25 Juli.

Acara itu berlangsung di tujuh kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Hanny Sanjaya, Product Manager Sony Ericsson, menyatakan bahwa acara Traffic Jam Street adalah bentuk apresiasi pada pemakai Sony Ericsson. Selama roadshow Traffic Jam di Jabodetabek dan Bandung, mereka berhasil melego lebih dari 2.000 unit ponsel. Setiap ponsel yang dibeli bisa ditukar dengan dua tiket konser Daughtry. Sedangkan di kota-kota lain, tiket konser diundi untuk satu pemenang.

Hanny menyebutkan mereka sengaja memilih Daughtry sebagai pengisi acara puncak dengan pertimbangan matang. “Ini hasil konsensus perwakilan Indonesia, Malaysia, dan Singapura,” ujarnya. Acara Traffic Jam Street Party memang berlangsung di tiga negara ini.

Selain karena prestasi dan kualitas, mereka juga terkesan dengan kerendahan hati dan sikap kooperatif kelima personal band asal North Carolina itu. Baru menelorkan album debut, mereka sanggup menjual hingga 4,3 juta keping ( hanya di Amerika saja dan belum mencakup penjualan 7 single dari album yang sama). Di Indonesia, penjualan keping CD-nya mencapai 11 ribu, di luar penjualan online yang belum tercatat datanya.

Meski baru berusia dua tahun, segudang penghargaan juga sudah direngkuh. Mereka meraih empat nominasi di Grammy Award 2008. Tahun sebelumnya, mereka memenangi tiga kategori American Music Award, pemenang Best Song Rock untuk Home di ajang People Choice Award, dan menggondol enam juara di Billboard Music Award 2007.

Keramahan Daughtry terlihat nyata selama dua hari di Jakarta. Ketika bertemu dengan pers maupun fans, mereka banyak menebar senyum. Saat konser, Chris selalu menyapa dan melontar beragam komentar , sebelum menyanyikan sebuah lagu.

Walau Chris belum bisa mengucap sepatah kata dalam bahasa Indonesia, komunikasi dengan penonton tetap berlangsung hangat. Kedekatan dengan penggemar memang menjadi salah satu kunci sukses Daughtry yang berencana merilis album kedua April 2009 nanti.

Astari Yanuarti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar