Senin, Juni 06, 2011

NYC, Kota Seratus Masjid (2)


Islamic Center NYC, Manhattan

Menemukan sesama muslim di jalanan New York ternyata tak sulit. Rangkaian perjumpaan tak sengaja itu sudah dimulai sejak mendarat di bandara internasional JFK. Taksi yang saya naiki menuju hotel di kawasan 1st Avenue Manhattan, ternyata disopiri seorang muslim asal Afrika.

Begitupun dengan sopir taksi yang mengantar ke Grand Central Station. Dia muslim dari Lebanon. Bahkan ketika sedang asyik menikmati gemerlap Times Square, saya sempat kenalan dan ngobrol dengan seorang pegawai bus wisata New York Sightseeing, yang lagi-lagi muslim.

Daftarnya makin panjang bila saya memasukkan pemilik toko-toko souvenir di kawasan China Town dan para penjual hotdog di daerah Queens Boulevard. Mereka adalah bagian dari sekitar 600 ribu warga muslim New York.

Menurut data dari Middle East Institute Columbia University, Islam menjadi salah satu agama dengan perkembangan paling cepat di New York. Selama puluhan tahun, komunitas muslim di Big Apple tumbuh melalui imigrasi dan pemeluk baru. Komunitas ini terdiri berbagai bangsa, ras, aliran, dan kelas sosial.

Seiring pertambahan umat, jumlah masjid yang dibangun makin banyak. Saat ini ada sekitar seratusan masjid yang tersebar di lima wilayah ( borough) New York City. Beraneka rupa bentuknya, ada yang mirip ruko ada pula yang megah lengkap dengan kubah seperti di Islamic Cultural Center of New York di 3rd Avenue Manhattan (satu-satunya masjid yang sempat saya sambangi).

Umumnya pembangunan masjid dilakukan oleh komunitas muslim setempat dengan biaya swadaya dan mengandalkan donasi dari negara-negara muslim lain. Biasanya juga tidak ada penentangan dari masyarakat sekitar. Kecuali pada pembangunan Cordoba House yang dipimpin oleh Imam Feisal Abdul Rauf.

Pusat Kebudayaan sekaligus masjid ini akan dibangun di Park 51, dua blok dari Ground Zero. Meski sudah mengantongi seluruh perizinan terkait, kalangan media massa sengaja membuat sensasi dengan menyebutkan Cordoba House akan dibangun tepat di Ground Zero. Alhamdulillah, berkat rangkaian lobi yang dilakukan Imam Feisal, pembangunan Cordoba House akan dimulai pada akhir tahun ini.

Astari Yanuarti

1 komentar:

  1. subhanallaah... banyak ketemu muslim setempat ya... seneng banget :)

    kalo soal makanan halal susah ngga disitu Astari? *wah kayaknya jawabannya bisa satu artikel tersendiri nih ya :)

    BalasHapus