Rabu, Oktober 06, 2004

The First Censoric Phone From Siemens

CX 70, Ponsel Sensor Pertama dari Siemens

Siemens mobile, grup komunikasi bergerak di Siemens, mempersembahkan handset seluler pertamanya yang dilengkapi dengan sensor sentuhan, tekanan dan getaran. Sensor-sensor ini, yang diintegrasikan ke cover CX70, memberi reaksi pada elusan menenangkan atau gerakan penuh amarah – dan mentransfer mood penggunanya ke avatar yang dapat dikirim via MMS. Sementara itu, generasi berikutnya dari sensor mini-chip ini sedang dalam pengembangan di laboratorium penelitian Siemens: Sensor gas yang dapat memberikan peringatan dini bila tingkat ozon telah mencapai ambang berbahaya, apabila kadar serbuk pollen dapat mengganggu penderita alergi atau apabila ada bahaya kebakaran yang mengancam.

Hanya berukuran satu millimeter persegi, sensor ini hampir tak terlihat secara kasat mata: Sensor gas field-effect transistor (FET) ini boleh jadi berukuran sangat kecil, tapi mereka dapat memberikan peringatan yang sangat akurat dan hampir tidak menggunakan listrik – suatu keunggulan yang memungkinkan sensor ini secara khusus diterapkan pada telepon selular. Chip berbasis teknologi nano ini dapat diandalkan untuk mendeteksi jumlah gas terkecil dengan mengukur keberadaan voltase listrik yang dihasilkan ketika suatu gas berkumpul pada bagian penerima di permukaan sensor – dan dengan segera akan memberikan peringatan.

Para peneliti di Siemens mobile menyatakan sensor-sensor ini dapat dipergunakan untuk berbagai aplikasi di masa depan. Diintegrasikan ke dalam sebuah handset ponsel, alat pencium kecil ini dapat mengubah telepon seluler menjadi telepon dengan berbagai kamampuan: Menjadi alat peramal cuaca, misalnya, yang dapat mengukur tekanan atmosfir dan memberitahukan kepada atlet apakah cuaca akan cerah dalam beberapa jam ke depan – atau turun hujan. Di hari-hari tertentu ketika tingkat ozon sangat tinggi, telepon seluler tersebut akan memberikan peringatan bahaya jika berlatih fisik secara berlebihan. Chip yang sangat kecil ini juga dapat memberikan peringatan akan adanya bahaya kebakaran yang mengancam atau mengidentifikasi adanya kebocoran gas alam yang memiliki potensi ledakan tinggi.

1 komentar: